Sabtu, 19 April 2014

5 Kawah Gunung Ter Unik Di Dunia !!

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِي
 
[UNIKNYA.COM]: Kawah yang berasal dari letusan gunung berapi yang sudah tidak aktif, memiliki keindahan, fungsi dan keunikannya tersendiri. Beberapa menjadi kawasan tempat tinggal manusia, beberapa lagi dibiarkan begitu saja dengan keindahannya. Berikut uniknya.com merangkum 5 kawah yang unik di dunia:

1. Seongsan Ilchulbong, Korea Selatan
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Seongsan Ilchulbong, Korea Selatan(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Kawah unik yang satu ini dikenal juga dengan ‘Sunrise Peak,’ selain Seongsan Ilchilbong dalam bahasa Korea. Kawah Sunrise Peak ini terbentuk oleh letusan hidrovulkanik yang terjadi 4 ribu tahun yang lalu. Letaknya yang berada di kawasan Pulau Jeju, membuatnya terlihat seperti kastil raksasa yang gagah dengan tingg 182 meter di atas permukaan laut.

2. Kawah Nabiyotum, Kenya
Kawah Nabiyotum, Kenya(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Kawah Nabiyotum, Kenya(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Kawah Nabiyotum terletak di selatan Kenya, menjadi salah satu danau alkali terbesar di dunia dengan Danau Turkananya. Selain indah, Kawah Nabiyotum ini memiliki bentuk kerucut yang unik. Kawah Nabiyotum merupakan salah satu bukti keajaiban proses geologi.

3. Kawah Aogashima, Jepang
Kawah Aogashima, Jepang(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Kawah Aogashima, Jepang(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Aogashima merupakan salah satu kawah vulkanik yang dimiliki Jepang di kawasan Laut Filipuna. Kawah unik yang satu ini menjadi pulau paling selatang dan tidak dihuni yang dimiliki oleh Jepang. Aogashima atau Pulau Aoga ini memiliki dua kawah, yang besar dan kecil, dan keduanya berasal dari gunung berapi.
Kaldera Ikenosawa mengelilingi kawah kecil (Maruyama) dengan lembah hijau dan tebingnya yang dikenal terjal. Di dalam kaldera terdapat pedesaan yang ditinggali oleh 205 jiwa sesuai sensus pada tahun 2009. Aogashima secara administratif masuk ke dalam Subprefektur Hachijo, Tokyo.

4. Kawah Santa Margarida, Spanyol
Kawah Santa Margarida, Spanyol(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Kawah Santa Margarida, Spanyol(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Kawah vulkanik yang dimiliki oleh Gunung Santa Margarida di Garotxa, Catalonia, Spanyol. Jika dilihat dari lembah sepertinya tidak akan ada yang menyangka akan adanya sebuah kawah berupa lembah. Kawah yang terletak di kawasan Taman Nasional Vulkanik Garrotxa, merupakan tempat bersemedinya Santa Margarida. Namun situs petilasan Santa Margarida tersebut hancur setelah terjadi gempa di Catalonia pada 1428. Beruntung tempat bersejarah tersebut kembali dibangun pada 1865. Petilasan tersebut menjadi satu-satunya bangunan yang berdiri di dasar Kawah Santa Margarida. 

5. Kawah Koko, Hawaii, Amerika Serikat
Kawah Koko, Hawaii, Amerika Serikat(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Kawah Koko, Hawaii, Amerika Serikat(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)

Kawah Koko merupakan salah satu pemandangan eksotis yang terlihat di kawasan Hawaii, Pasifik. Bagian selatan kawah unik satu ini mengarah ke Teluk Maunalua di Pulau O’ahu. Kawah Koko menjadi rumah bagi Taman Botani Honolulu seluas 24 Hektar, yang didominasi oleh tanaman Kaktus dan tanaman berair lainnya karena iklimnya yang panas dan kering.(**)

 
 
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين
Sumber 
http://uniknya.com/2013/07/5-kawah-unik-di-dunia-bagian-ii-habis/
Sumber: theworldgeogrpahy.com, uniknya.com, Juli 2013.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More