Minggu, 11 Mei 2014

Maskot dan Logo Piala Dunia Dari masa ke masa !!

ุจِุณْู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู…ِ ุง๏ทฒِุงู„ุฑَّุญْู…َู†ِ ุงู„ุฑَّุญِูŠ


Demam Piala Dunia pun melanda ,... Diantara gemerlap piala dunia tentunya tidak terlepas dari hal-hal wajib yang ada di setiap perhelatan olah raga dunia termasuk piala dunia nanti yaitu MASKOT dan LOGO.
Maskot menurut wikipedia adalah bentuk atau benda yang dapat berbentuk seseorang, binatang atau objek lainnya yang dianggap dapat membawa keberuntungan dan menyemarakkan suasana yang diadakan.
Penggunaan atas maskot sekarang telah semakin meluas dengan selalu digunakan dalam setiap acara olah raga di dunia ini, seperti Piala Dunia maupun Olimpiade sebagai bagian dari promosi dari acara olah raga saat ini. Pemilihan atas maskot akan disesuaikan dengan karakter dari acara yang akan dibuat ataupun dari organisasi, klub, maupun lembaga yang akan menggunakan maskot sebagai alat untuk berpromosi.Kala itu Inggris adalah negara tuan rumah penyelenggara ajang sepakbola 4 tahunan terbesar di dunia tersebut. Maskot-maskot ini digunakan sebagai bagian dari kampanye untuk menyukseskan perhelatan sepakbola terbesar dan paling bergengsi antar negara di bawah naungan FIFA. Pemilihan sosok yang akan dijadikan sebuah maskot haruslah menggambarkan keunikan dan ciri khas dari negara penyelenggara, seperti flora dan fauna atau kebudayaan masyarakat setempat. Sejak Piala Dunia 1966 di Inggris hingga gelaran Piala Dunia yang dihelat di Brasil pada tahun 2014 terdapat 13 maskot yang telah dipakai FIFA untuk memeriahkan ajang ini.

Berikut ini adalah ke-13 maskot dan Logo yang memiliki ciri khas, gaya, dan keunikannya masing-masing
Lalu apa saja maskot-maskot piala dunia yang sudah di buat sejak dimulainya Piala Dunia 1966? Berikut ulasannya  :
 Piala Dunia
Logo dan Maskot
 Deskripsi



 Inggris 1966

Logo resmi Piala Dunia FIFA 1966


World Cup Willy










Piala Dunia FIFA 1966, yang merupakan Piala Dunia FIFA ke-delapan, digelar di Inggris sejak 11 Juli 1966 hingga 30 Juli 1966. Inggris dipilih sebagai tuan rumah penyelenggara oleh FIFA pada Agustus 1960 untuk selebrasi centenary atas kodifikasi sepak bola. Piala Dunia ini adalah Piala Dunia FIFA yang penuh kemenangan kontroversial bagi tuan rumah, di mana Inggris memenangi pertandingan pada partai final, mengalahkan Jerman Barat dengan skor 4 – 2.


Maskot Piala Dunia

Willie, maskot Piala Dunia FIFA 1966, adalah maskot pertama Piala Dunia FIFA, dan satu dari maskot pertama untuk digaulakan dengan satu kompetisi olahraga utama.Sebuah singa, merupakan simbol tipikal dari Kerajaan Inggris, mengenakan kaos Union Jack dengan kata “WORLD CUP”.

 Meksiko
1970



Logo Resmi Piala Dunia FIFA 1970





Juanito

Piala Dunia FIFA 1970 merupakan edisi kesembilan dari Piala Dunia FIFA, yang diselenggarakan di Meksiko, 31 Mei hingga 21 Juni 1970. Meksiko dipilih FIFA pada bulan Oktober 1964 dalam sidang di Tokyo, Jepang. Edisi ini adalah edisi pertama Piala Dunia dilaksanakan di negara Amerika Utara, membuat turnamen dilaksankan di luar Amerika Selatan dan Eropa. Turnamen ini dimenangkan Brasil, setelah memenangkan pertandingan final atas Italia dengan skor 4–1, sehingga Brasil menjadi tim pertama yang memenangkan Piala Dunia untuk kali ketiga dan berhak memiliki Piala Jules Rimet untuk selamanya. Sementara, Jerman Barat meraih juara ketiga setelah menang dengan skor 1–0 atas Uruguay.

Maskot Piala Dunia

Seorang anak laki-laki mengenakan seragam Meksiko dan sebuah topi sombrero (dengan kata-kata “MEXICO 70″). Namanya merupakan nama kecil dari “Juan“, sebuah nama umum dalam bahasa Spanyol.

Jerman Barat 
1974

Logo Resmi Piala Dunia FIFA 1974
Tip and Tap Germany World Cup '74
Tip and Tap

Piala Dunia FIFA 1974 dilangsungkan di Jerman Barat. Piala Jules Rimet yang jadi milik Brasil selamanya kini digantikan trofi karya pematung Italia, Silvio Gazzaniga. Trofi berbentuk dua pria yang mengusung bola dunia itu dibuat dari emas campuran 18 karat dengan berat 11 pound dan tinggi 20 inci. Kali ini turnamen dibagi dalam dua tahap. Keenam belas negara yang lolos dibagi dalam empat grup yang masing-masing terdiri atas empat tim.


Maskot Piala Dunia
Maskot untuk Piala Dunia 1974 yang diselenggarakan di Jerman Barat bernama Tip and Tap. Tip and Tap sendiri adalah dua anak laki-laki yang mengenakan jersey timnas Jerman Barat berwarna putih dan terdapat tulisan 'WM', singkatan dari Weltmeisterschaft yang artinya Piala Dunia, dan angka 74.
 Argentina 1978

Logo Resmi Piala Dunia FIFA 1978
gauchito argentina '78 world cup
Gauchito

Piala Dunia FIFA 1978, adalah Piala Dunia FIFA ke-11, dilangsungkan di Argentina antara 1 Juni and 25 Juni. Argentina dipilih menjadi tuan rumah oleh FIFA pada bulan Juli 1966. Piala Dunia FIFA 1978 dimenangkan Argentina yang mengalahkan Belanda 3-1 setelah Perpanjangan waktu di final. Ini adalah gelar pertama bagi Argentina yang menjadi tim ke enam (setelah Uruguay, Italia, Jerman Barat, Brasil, and Inggris) yang menjadi juara.

Maskot Piala Dunia

Gauchito adalah seorang anak laki-laki Gaucho [suku asli Amerika Selatan] yang mengenakan kaos motif garis-garis berwarna biru muda dan putih yang merupakan corak warna khas dari jersey timnas Argentina. Ia juga mengenakan topi dengan tulisan 'ARGENTINA 78', mengenakan syal di lehernya, dan membawa cambuk yang merupakan tipikal dari seorang Gaucho.
 Spanyol 1982

Logo Resmi Piala Dunia FIFA 1982

naranjito, spain 1982 world cup
Naranjito

Piala Dunia FIFA 1982, yang merupakan Piala Dunia FIFA ke-12, digelar di Spanyol mulai dari tanggal 13 Juni hingga 11 Juli. Spanyol dipilih FIFA sebagai tuan rumah oleh FIFA pada Juli 1966. Piala Dunia ini dimenangkan Italia, yang mengalahkan Jerman Barat dengan skor 3 – 1 di final. Dengan gelar ketiganya, (setelah 1934, 1938), Italia mengimbangi Brasil sebagai tim nasional paling sukses di Piala Dunia FIFA. Piala Dunia FIFA ini ditandai dengan seri – seri pertandingan menarik dan seru, ke-dua setelah Piala Dunia FIFA 1970, yang legendaris. Ini juga merupakan kali pertama penambahan jumlah tim menjadi 24 tim, setelah sebelumnya 16 tim di turnamen – turnamen sebelumnya.

Maskot Piala Dunia

Di tahun 1982, FIFA tidak lagi menggunakan fauna atau kebudayaan khas negara penyelenggara untuk menjadi maskot. Kali ini FIFA memakai buah jeruk yang merupakan buah khas rakyat spanyol dan diberi nama Naranjito. Nama Naranjito berasal dari kata 'naranja' yang mdrupakan bahasa Spanyol dari jeruk dan kata pengecil '-ito'. Naranjito digambarkan mengenakan jersey timnas Spanyol dan sedang memeluk bola.
 Meksiko 1986

Logo Resmi Piala Dunia FIFA 1986

Pique

Piala Dunia FIFA 1986 merupakan edisi ketiga belas dari Piala Dunia FIFA, yang diselenggarakan di Meksiko, 31 Mei hingga 29 Juni 1986.Format yang digunakan pada edisi ini tidak jauh berbeda dengan Piala Dunia FIFA 1982 yang diselenggarakan di Spanyol, di mana ke-24 tim dibagi dalam enam grup yang masing–masing terdiri atas 4 tim. Perbedaannya, pada babak kedua, yang diikuti 16 tim tersisa,Turnamen ini dimenangkan Argentina atas Jerman Barat setelah memenangkan pertandingan final di Azteca, Kota Meksiko dengan skor 3–2. Sementara, Perancis meraih juara ketiga atas Belgia, setelah menang dengan skor 4–2 setelah melewati perpanjangan waktu dalam pertandingan perebutan tempat ketiga di Stadion Cuauhtemoc, Puebla.
Bendera Argentina Diego Maradona, pemain Argentina menjadi pemain terbaik dalam turnamen edisi ini.

Maskot Piala Dunia

Sebuah lada jalapeรฑo, karakteristik dari masakan Meksiko, dengan kumis dan mengenakan topi sombrero. Namanya berasal dari kata picante, Bahasa Spanyol dari rempah-rempah dan saus.
 Italia 1990

Logo Resmi Piala Dunia FIFA 1990

Ciao

Piala Dunia FIFA 1990 dilangsungkan di Italia. Semangat permainan bertahan ala tuan rumah yang dikenal dengan sebutan cattenaccio seolah memengaruhi penampilan hampir ke-24 tim finalis.
Sebelum dimulai Italia 1990 diprediksi bakal menjadi turnamen besar. Enam juara,Italia, Argentina, Brasil, Jerman Barat, Uruguay, dan Inggris, ikut ambil bagian. Piala Dunia ini adalah Jerman Barat .
Lagu resmi turnamen World Cup 1990 ini berjudul To Be Number One yang dibawakan penyanyi asal Italia Edoardo Bennato dan Gianna Nannini

Maskot Piala Dunia

Seorang pemain stick figure dengan kepala bola sepak dan tubuh berwarna bendera Italia. Namanya merupakan kata sapaan dalam Bahasa Italia.
Amerika Serikat 1994

Logo Resmi Piala Dunia FIFA 1994

Striker

Piala Dunia FIFA 1994 merupakan edisi kelima belas dari Piala Dunia FIFA, yang diselenggarakan di Amerika Serikat, 17 Juni hingga 17 Juli 1994. Amerika Serikat dipilih FIFA pada bulan Juli 1988 dalam sidang di Zรผrich, Swiss. Turnamen ini dimenangkan Brasil, setelah memenangkan pertandingan final atas Italia setelah melalui adu penalti dengan skor 3–2, setelah bermain imbang tanpa gol selama 120 menit pertama. Ini adalah kali pertama penggunaan adu penalti dalam menentukan juara Piala Dunia FIFA.

Maskot Piala Dunia

Maskot resmi Piala Dunia edisi kali ini dinamai Striker, yang digambarkan sebagai seekor anjing yang menggunakan kaos berwarna putih dengan lengan berwarna merah yang bertuliskan "USA 94", dan celana pendek berwarna biru. Warna putih, merah, dan biru merupakan warna dari bendera Amerika Serikat. Ia juga digambarkan mengenakan kaos kaki berwarna putih dengan corak berwarna merah serta sepatu sepak bola berwarna hitam.
 Perancis 1998

Logo Resmi Piala Dunia FIFA 1998


Footix

Piala Dunia FIFA 1998 merupakan edisi keenam belas dari Piala Dunia FIFA, yang diselenggarakan di Perancis, 10 Juni hingga 12 Juli 1998.Turnamen ini dimenangkan tuan rumah Perancis, setelah memenangkan pertandingan final di Stade de France, Saint-Denis atas Brasil dengan skor 0–3. Sementara, tim kuda hitam Kroasia meraih juara ketiga setelah menang dengan skor 1–2 atas Bulgaria dalam pertandingan perebutan tempat ketiga di Stadion Parc des Princes


Maskot Piala Dunia

Seekor unggas, salah satu dari simbol nasional Perancis, dengan kata “FRANCE 98″ di dada. Tubuhnya sebagian besar biru, seperti kaos seragam Perancis dan namanya merupakan sebuah kata portmanteau dari “sepak bola” dengan akhiran “-ix” dari Astรฉrix. Nama lain yang sempat diajukan adalah “Raffy”, “Houpi”, dan “Gallik”.
 Korea Selatan & 
Jepang
 2002

Logo resmi Piala Dunia FIFA 2002


Ato, Kaz and Nik (The Spheriks)

Piala Dunia FIFA 2002 merupakan pertama kalinya Piala Dunia FIFA dilangsungkan di luar Benua Amerika dan Eropa. Turnamen ini juga merupakan kali pertama di mana final Piala Dunia dilangsungkan di dua negara : Korea Selatan dan Jepang. Turki mengakhiri turnamen ini dengan menduduki peringkat ke-tiga setelah menang atas Korea Selatan di pertandingan perebutan tempat ke-tiga dihadapan 63.483 penonton dengan skor akhir 3–2. final di Stadion Internasional Yokohama, 30 Juni 2002. Baik Jerman maupun Brasil sudah 6 kali masuk ke babak final. Ronaldo, yang empat tahun lalu tampil buruk, kali ini menjadi pahlawan. Dua golnya memberikan gelar kelima bagi Brasil.

Maskot Piala Dunia

Ato, Kaz, dan Nik merupakan makhluk futuristik hasil ciptaan komputer yang mempunyai warna biru, oranye, dan ungu. Ketiga karakter ini diceritakan adalah anggota sebuah tim 'Atmoball', sebuah permainan atau olahraga fiksi semacam sepakbola. Ato adalah pelatih dari Kaz dan Nik. Karakter dan nama dari maskot ini dipilih sendiri dari daftar yang disediakan FIFA oleh masyarakat Jepang dan Korsel di internet dan di semua outlet McDonald yang ada di Jepang dan Korsel.
Pemilihan karakter futuristik ini berhubungan dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki oleh Jepang dan Korea Selatan yang sudah diakui oleh semua negara di dunia.
 Jerman 2006

Logo Resmi Piala Dunia FIFA 2006




GoleoIV.jpg
Goleo dan Pille
Piala Dunia FIFA 2006 merupakan edisi kedelapan belas dari Piala Dunia FIFA, yang putaran finalnya diselenggarakan di Jerman, 9 Juni hingga 9 Juli 2006. Turnamen ini dimenangkan Italia, setelah memenangkan pertandingan final atas Perancis setelah melalui adu penalti dengan skor 5–3, setelah bermain imbang 1–1 selama 120 menit pertama dalam pertandingan final di Stadion Olimpiade, Berlin. Ini adalah kali kedua penggunaan adu penalti dalam menentukan juara Piala Dunia FIFA. Sementara, tuan rumah Jerman meraih juara ketiga setelah menang dengan skor 3–1 atas Portugal dalam pertandingan perebutan tempat ketiga di Stadion Gottlieb-Daimler, Stuttgart.

Maskot Piala Dunia

Maskot resmi Piala Dunia edisi kali ini dinamai "Goleo" dan "Pille". Goleo digambarkan sebagai seekor singa, yang mengenakan kaos tim nasional Jerman berwarna putih, dengan nomor pemain "06" yang tertulis di sisi depan dan belakang kaos. Angka 06 merupakan angka tahun penyelenggaraan turnamen, yakni tahun 2006. Goleo hanya mengenakan kaos, tanpa memakai celana dan kaos kaki, namun mengenakan sepatu sepak bola berwarna hitam. Sementara, "Pille" digambarkan sebagai sebuah bola yang dapat berbicara. Goleo dan Pille digambarkan selalu tampil bersama. Singa bukanlah hewan nasional Jerman, dan merupakan hewan nasional Inggris, yang juga merupakan salah satu peserta edisi ini. Hal ini sempat menimbulkan kritik dari berbagai pihak.
 Afrika Selatan 2010

Logo resmi Piala Dunia FIFA 2010

Zakumi

Piala Dunia FIFA 2010 adalah Piala Dunia FIFA ke-19, turnamen sepak bola utama internasional yang diadakan di Afrika Selatan. Piala Dunia tahun ini adalah yang pertama kali diadakan di sebuah negara Afrika.Pertandingan ini melibatkan 736 pemain yang mewakili 32 tim untuk bersaing memenangkan trofi Piala Dunia dalam berbagai pertandingan yang diadakan di sepuluh stadion di seluruh Afrika Selatan.
Final Piala Dunia FIFA 2010 adalah pertandingan sepak bola yang berlangsung pada tanggal 11 Juli 2010 (tanggal 12 Juli 2010, pukul 01.30 WIB) di Soccer City, Johannesburg untuk menentukan pemenang Piala Dunia FIFA 2010. Pertandingan yang dihadiri 84.490 penonton ini mempertemukan Belanda melawan Spanyol. Spanyol mengalahkan Belanda 1 – 0 dengan gol tunggal dicetak Andres Iniesta pada empat menit sebelum babak perpanjangan waktu selesai

Maskot Piala Dunia

Zakumi adalah nama maskot Piala Dunia 2010 yang akan digelar di Afrika Selatan. Zakumi adalah seekor macan tutul dengan rambut nyentrik berwarna hijau, Zakumi lahir tanggal 16 Juni 1994 yang bertepatan dengan hari pemuda di Afrika Selatan. Pada tahun 2010 Zakumi akan berusia 16 tahun, yang akan dirayakan secara global dengan tajuk piala dunia 2010.Nama Zakumi berasal dari kata “Za”, kode untuk Afrika Selatan, dan “kumi”, sebuah kata yang berarti sepuluh dalam berbagai bahasa Afrika. Zakumi mengenakan kostum hijau dan kuning (emas), yang juga menjadi warna dominasi seragam tim Afrika Selatan
 Brasil 2014
Logo resmi Piala Dunia FIFA 2014


Fuleco

Piala Dunia FIFA 2014 adalah Piala Dunia FIFA ke-20, turnamen sepak bola internasional yang akan diadakan pada tahun 2014 di Brasil. Ini adalah kedua kalinya Brasil menyelenggarakan turnamen ini (setelah 1950), 



Maskot Piala Dunia

“Fuleco” sendiri sejatinya adalah seekor armadillo (Tolypeutes tricinctus) atau sejenis trenggiling yang sudah terhitung langka dan hidup di wilayah benua Amerika. Di Brasil, Armadillo hidup di daerah kering bagian timur laut dan terancam punah karena habitatnya rusak.
 Senin lalu, 26 November 2012, FIFA secara resmi mengumumkan maskot Piala Dunia 2014 yang akan dihelat di Brasil. Maskot di Piala Dunia 2014 ini adalah seekor trenggiling [yang merupakan satwa asli Brasil] yang mengenakan kaos putih bertuliskan 'BRASIL 2014'. Maskot ini bernama Fuleco yang merupakan portmanteau dari kata dalam bahasa Portugal 'futebol' [sepakbola] dan 'ecologia' [ekologi].Melalui Fuleco, FIFA ingin mengkampanyekan dan meningkatkan kesadaran warga dunia tentang betapa pentingnya pelestarian ekologi dan lingkungan demi kebaikan bersama serta keberlangsungan kehidupan di atas muka bumi ini. []

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More