Jumat, 20 Juni 2014

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi Microsoft Windows

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِي

Siapa yang tidak mengenal dengan Operating sistem yang bernama Windows. Nampir setiap desktop menggunakan sistem operasi ini. dari perusahaan hingga personal. Namun tahukah anda tentang sejarahnya Versi Client Windows .
Sistem operasi Windows merupakan pengembangan dari MS-DOS, sebuah sistem operasi berbasis modul teks dan command-line atau CLI (Command Line Interface). Windows merupakan sistem operasi yang menyediakan lingkungan berbasis grafis (Graphical User Interface (GUI)) dan kemampuan multitasking.
Pada  kesempatan kali ini saya akan posting mengenai sejarah karya-karya dari perusahaan perangkat lunak terbesar yaitu microsoft dengan os  (windows) dari windows 1.0 sampai windows 8.1 :

1. Windows 1.0 ( 10 November 1983 )

http://www.slashgear.com/wp-content/uploads/2012/11/win101logo.gifMicrosoft Windows 1.0 merupakan versi pertama sistem operasi dalam dunia sistem operasi berbasis Graphical User Interface (GUI) yang dibuat oleh Microsoft Corporation . Versi ini sebenarnya diluncurkan pertama kali pada tanggal 10 November 1983, tapi tidak pernah keluar ke pasar publik sebelum bulan November 1985, karena banyaknya hambatan yang terjadi ketika pengembangan berlangsung. Windows 1.x bukanlah merupakan sebuah paket sistem operasi.

GUI—seperti halnya Apple dengan Lisa dan Macintosh-nya, tetapi hanya merupakan paket GUI tambahan yang berjalan di atas DOS, karena itulah, nama kode yang digunakannya adalah Interface Manager. Windows 1.x menggunakan tampilan bitmap (device independent bitmap atau disingkat DIB) dan menambahkan mouse sebagai satu lagi perangkat yang dapat digunakan untuk mengoperasikan Windows.

Pada versi pertama ini, Microsoft mengintegrasikan banyak program tambahan, seperti Microsoft Paintbrush, Write, Notepad, Calendar, Calculator, CardFile, dan juga Clipboard. Game yang disediakan pun hanya satu: Reversi. Sebagai shell untuk mengatur berkas, digunakanlah MS-DOS Executive. Fungsinya sama saja dengan kebanyakan shell yang beredar di pasaran seperti Norton Commander atau DOS Shell, tapi MS-DOS Executive berjalan di atas Windows, sementara kedua shell tersebut berjalan di atas DOS.


2. Windows 2.0 (9 Desember 1987 )

http://www.jblanco.org/luis/images/Windows%202.0/20log.gif
Microsoft Windowsw 2.0 merupakan versi kedua dari sistem operasi berbasis graphical user interface (GUI) buatan Microsoft Corporation, yang dirilis pada 9 Desember 1987 akibat kurang suksesnya Windows versi 1.0. Sebab Windows 1.0 kurang sukses adalah karena kurangnya aplikasi yang mendukung Windows 1.x.

Windows 2.0.pngWindows 2.x mendukung penggunaan kartu grafis dengan spesifikasi VGA (Video Graphics Array), sehingga dapat menampilkan resolusi hingga 640x480 pada kedalaman warna 4-bit (16 warna). Selain itu, Windows 2.x juga mendukung penggunaan prosesor Intel 80286, prosesor pertama dengan kemampuan untuk memproteksi area memori atau dikenal dengan protected mode meski tidak dapat melakukan switching kembali ke dalam real mode tanpa harus melakukan restart komputer.

Versi Windows 2.03/386 dapat menjalankan banyak program DOS dalam MS-DOS Prompt yang dimilikinya. Karena fitur-fitur ini, banyak pengembang di luar Microsoft mengembangkan software yang mendukung Windows 2.x, seperti Corel Draw dan Adobe PageMaker. Microsoft pun mengeluarkan Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word.


3. Windows 3.0 & 3.1 (22 mei 1990 & Agustus 1993)
 
Sebagai generasi ketiga seri ini masih berbasis GUI,Windows 3.0 memiliki semua kelebihan dari seri-seri sebelumnya, seperti dukungan untuk kartu grafis VGA (bahkan untuk kartuSVGA atau XGA), icon yang lebih kaya, dan GUI yang sedikit lebih manis dibandingkan dengan seri sebelumnya.
dalam Windows 3.xx sedikit dirombak oleh Microsoft. Windows 3.xx dapat menggunakan memori di atas 640 KB dan dapat menjalankan aplikasi secara multi tasking(bersamaan)
 
Windows 3.00 memang cukup sukses di pasaran, tapi Windows 3.10 jauh lebih sukses dibandingkan dengan Windows pendahulunya itu, bahkan disebut sebagai best-selling GUI dalam sejarah. Microsoft meluncurkan Windows 3.10 pada tanggal 6 April 1992, dilengkapi dengan fitur multimedia (midi, Wave, CD audio), dan true type font (TTF). Fitur multimedia yang disertakan menggunakan MCI (media control interface), tapi hanya mendukung tiga jenis media saja: MIDI Sequencer, Wave Audio, dan CD AudioWindows 3.10 juga mendukung penggunaan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del—yang pada DOS dapat digunakan sebagai tombol sakti untuk melakukan restart komputer sebagai tombol sakti untuk menampilkan daftar aplikasi, atau menutup sebuah aplikasi, baik yang sedang berjalan atau yang sedang tidak merespons.
Windows 3.10 juga telah mendukung fitur drag-and-drop, yang berarti pengguna tidak perlu melakukan operasi copy objek dari sebuah tempat lalu mem-paste-kannya ke tempat tujuannya, melainkan cukup dengan menyeret objek tersebut ke lokasi baru. Selain untuk objek seperti ikon atau berkas, Windows 3.10 juga mendukung Objek OLE (Object Linking and Embedding) untuk di-drag-and-drop dari satu lokasi ke lokasi lainnya. OLE mengizinkan pengguna untuk memasukkan elemen dari sebuah berkas ke dalam berkas lainnya (seperti memasukkan worksheet Microsoft Excel dalam dokumen Microsoft Word). Selain Windows 3.10 untuk pengguna rumahan biasa..




4. Windows 95 ( 24 Agustus 1995 )

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/fr/f/f6/Windows_95_logo.pngWindows 95 adalah sistem operasi hibrida 16-bit/32-bit yang diproduksi oleh Microsoft. Windows 95 diperkenalkan ke publik pada tanggal 14 Agustus 1995, menyusul kampanye iklan yang agresif dari Microsoft.
http://www.geocities.ws/Jesayas_2000/PIC/win95delie1.gifWindows 95 diperkenalkan dengan menggunakan rancangan menu "Start", menu inovatif untuk mengakses grup program (pengganti Program Manager), selain itu juga diperkenalkan Windows Explorer sebagai pengganti File Manager, dukungan plug-and-play, dukungan program aplikasi MS-DOS dan Windows 16-bit dan Windows 32-bit, dan dukungan bagi nama-nama berkas (file) yang panjang, yang mendukung penamaan hingga 256 karakter, dan browser opsional Microsoft Internet Explorer.
Windows 95 adalah produk pertama yang dikeluarkan oleh Windows pada tahun 1995.Di dalamnya berisi Microsoft Office 1995. Produk inilah yang membuat nama Microsoft Windows besar. Tentu, Microsoft Windows 95 berdiri pada tahun 1995
Windows 95 memiliki fitur - fitur sebagai berikut:
    http://www.guidebookgallery.org/pics/gui/desktop/full/win95.png
  • Sebuah antarmuka grafis yang didesain ulang (sangat berbeda dengan versi Windows 3.x), yakni desktop yang dapat dikonfigurasikan, adanya taskbar, tombol Start, dan menu konteks.
  • Kompatibilitas dengan perangkat keras yang lama, serta aplikasi MS-DOS 16-bit serta Windows 16-bit.
  • Arsitektur 32-bit untuk driver perangkat, yang disebut oleh Microsoft Virtual Device Driver (VxD).
  • Fungsi multitasking yang ditingkatkan. Windows 95 menggunakan skema preemptive multitasking, menggantikan skema cooperative multitasking yang sebelumnya digunakan oleh Windows 3.x.
  • Subsistem jaringan, subsistem disk, dan subsistem pencetakan yang berbasis 32-bit dan juga terintegrasi.
  • Dukungan jaringan terintegrasi yang cukup luas, mencakup Microsoft Networking (NetBEUI), TCP/IP, NetWare (IPX/SPX), Banyan Vines; Windows Messaging untuk berkirim e-mail; Dial-up Networking untuk koneksi Remote Access Services (RAS) dan koneksi Internet.
  • Dukungan terhadap nama berkas panjang.
  • Dukungan plug-and-play untuk mendeteksi instalasi perangkat keras dan konfigurasi terhadapnya secara otomatis.
  • Dukungan Advanced Power Management (APM) untuk manajemen daya
  • Dukungan multimedia (audio/video) terintegrasi.
  • Dukungan terhadap manajemen secara terpusat dari server, seperti halnya group policy, dan user profile


  5. Windows 98

Windows 98 adalah sistem operasi Windows yang dikeluarkan Microsoft pada 25 Juni 1998. Windows 98 merupakan pengembangan dari Windows 95, dan kemudian diteruskan oleh Windows Me. Masa dukungan penuhnya berakhir tanggal 11 Juli 2006.
Windows 98 adalah penerus dari Windows 95, dengan tambahan dukungan AGP, USB, Plug and Play yang lebih baik, sistem berkas FAT32 dan Internet Explorer versi 4.0. Windows 98 adalah upgrade dari Windows 95. Seperti yang dideskripsikan sebagai sistem operasi, “Works Better, Plays Better,” Windows 98 adalah versi windows pertama yang di desain secara spesifik untuk konsumen.Windows 98SE menambahkan dukungan pada Internet Explorer 5, NAT untuk berbagi koneksi Internet, Digital Versatile Disk (DVD), Windows Driver Model (WDM) yang menggantikan model Virtual Device Driver (VxD) serta Windows NetMeeting 3. Sistem ini menganut prinsip hibrida dengan dukungan kernel 16-bit/32-bit, dan masuk pada famili Windows 9x

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/zh/d/d8/Windows98.gifPersyaratan perangkat keras

Persyaratan minimum sistem untuk Windows 98 :
  • Prosesor Intel 80486DX 66MHz atau lebih tinggi (prosesor Pentium disarankan)
  • 16 MB RAM (24 MB atau lebih tinggi disarankan)
  • Ruang bebas kandar diska sedikitnya 500 MB
  • Monitor VGA atau resolusi lebih tinggi (640x480)
  • Kandar CD-ROM atau DVD-ROM
  • Tetikus atau papan tombol
"Deskbar" adalah sebuah fitur menarik yang direncanakan oleh Microsoft untuk memperkenalkan Windows 98. Dengan bantuan fitur ini, pengguna Windows 98 bisa mengunduh bilah alat Desktop (Deskbars) dari situs-situs favorit mereka. Bilah alat mini bisa memperbarui diri secara otomatis berdasarkan pada interval waktu yang telah ditetapkan dan dapat memberikan informasi terbaru dari situs web sehingga pengguna tidak perlu mengunjungi situs-situs di peramban web.
Microsoft menerapkan fitur ini pada Windows 98 beta membangun dan berpikir bahwa webmaster akan mengembangkan bilah alat tersebut untuk situs web mereka, tetapi webmaster tidak menyukai gagasan ini. Ide ini akan merugikan kedua pemilik situs web serta pengiklan karena jika pengguna mendapatkan artikel terbaru, informasi berita langsung dari Desktop mereka, mengapa mereka mengunjungi situs yang sebenarnya? Ini bisa menurunkan kedua tampilan halaman website dan tampilan iklan.
Karena ide itu tidak berjalan seperti yang direncanakan, Microsoft memutuskan untuk menghapus fitur ini dari Windows 98 versi RTM. Mereka memutuskan untuk menyembunyikan tab dan itulah sebabnya tab ini tidak fungsional karena kode yang diperlukan untuk menghubungkan fungsi tab ini dengan bilah alat Desktop tidak hadir pada Windows 98.
Anda dapat menemukan tab tersebut dengan menekan terus tombol "Ctrl" sambil membuka Taskbar Properties, dan Anda menemukan opsi "Deskbar Options" pada jendela Taskbar Properties, namun sayangnya tab ini jarang digunakan. Segala sesuatu di tab itu berwarna abu-abu. Ada 3 tombol yang diberikan pada tab: Tambah, Hapus dan Properti tetapi semua 3 tombol yang dinonaktifkan. Sebuah wilayah daftar besar juga hadir tapi itu tidak mengandung apapun di dalamnya. Jadi pada dasarnya seluruh tab "Deskbar Options" bekerja seperti tab boneka. Itu tidak berfungsi sama sekali.


6. Windows 2000 ( 17 Februari 2000 )

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJ7huUMTqhFcv1xOXHzqH3sEou94MML9fJCpgoR9MVtBKtf4_Ns-_7aVHYn1jBXvw7OxaFL-LbMDC8N64kv_qk3Z7lhtOiugBgUYNil7h7vIMXiYyOuRgNwuQLZpzYv2OYlN8yi4L9Z0z2/s1600/Windows_2000_Logo.png

Windows 2000 (atau Windows NT 5.0 build 2159) adalah sebuah versi sistem operasi Windows yang merupakan versi pengembangan dari Windows NT versi 4.0, dikeluarkan oleh Microsoft tanggal 17 Februari 2000 di Amerika Serikat, setelah beberapa kali mengalami penundaan peluncurannya.Windows 2000 dikenal dengan kode "Windows NT 5.0" dan sebelum meluncurkan Windows NT 4.0, Windows 2000 sempat dikenal dengan kode "Cairo", tetapi tidak jadi untuk diluncurkan, sehingga Windows 2000 merupakan sebuah versi yang sama sekali tidak memiliki nama kode khusus. Microsoft mengubah nama "NT5" menjadi Windows 2000 pada tanggal 27 Oktober 1998. Windows 2000 Beta 1 dirilis pada tanggal 27 September 1997, dan selanjutnya Microsoft pun meluncurkan beberapa perbaikan dalam Windows 2000 Beta 2 dan hingga akhirnya pada versi Beta 3, yang merupakan leluhur dari versi Release Candidate (RC) yang diluncurkan pada 29 April 1999. Tercatat tiga buah versi RC yang dikeluarkan oleh Microsoft dari Windows 2000 Beta 3 ini di antara bulan Juli 1999 hingga November 1999. Selanjutnya, Microsoft merilis versi RTM (Release to Manufacturer) dari Windows 2000 pada tanggal 12 Desember 1999, sementara dijual secara ritel pada tanggal 17 Februari 2000.

Windows 2000 menambahkan beberapa fitur baru, yaitu:

    http://virtuallyfun.superglobalmegacorp.com/wordpress/wp-content/uploads/2012/04/windows-2000-upgraded-from-4.0.png
  1. Active Directory yang baru
  2. Image Preview
  3. Browser Explorer yang baru, yaitu Internet Explorer 5.0.
  4. Dukungan untuk Microsoft DirectX. Sebelumnya dalam Windows NT 4.0 hanya mendukung akselerasi OpenGL saja.
  5. Windows Media Player 6.4 terintegrasi. Akan tetapi, versi Windows Media Player tersebut dapat diinstalasikan di dalam versi Windows NT 4.0.
  6. Plug And Play yang lebih canggih, sehingga memasang hardware tertentu dapat langsung berjalan tanpa harus melalui proses restart.
  7. Menggunakan driver untuk hardware berbasis Windows Driver Model atau dikenal juga dengan

    WDM.
  8. Dukungan untuk manajemen daya yang lebih baik, yaitu ACPI (Advanced Configuration and Power Interface) yang dapat menghemat daya, utamanya ketika digunakan pada komputer portabel seperti halnya laptop atau notebook.
  9. Terminal Service yang telah terintegrasi. Sebelumnya pada Windows NT 4, Microsoft meluncurkan sebuah versi Windows NT tersendiri yang disebut dengan Windows NT 4 Terminal Services.
Windows 2000 logo.gifWindows 2000 pun banyak disebut sebagai sistem operasi yang paling stabil pada zamannya oleh banyak pengamat. Akan tetapi, beberapa perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan sistem operasi, seperti Novell tidak menganggapnya demikian. Active Directory, sebuah arsitektur layanan direktori yang dimasukkan ke dalam Windows 2000, tidak lebih baik dibandingkan dengan Novell Directory Services (NDS).



7. Windows ME (14 september 2000)

http://img2.wikia.nocookie.net/__cb20120615221630/logopedia/images/6/63/Windows_me_logo.jpgWindows Me, Windows ME, atau Windows Millennium Edition adalah sebuah versi Windows yang didesain khusus untuk pengguna rumahan, dan ditujukan untuk menggantikan pasar sistem operasi sebelumnya, Windows 98. Windows ini dapat berjalan tanpa bantuan MS-DOS. Windows sendiri adalah sistem operasi buatan Microsoft Corporation. Seperti versi Windows sebelumnya, Windows Me merupakan sistem operasi transisi antara 16-bit ke 32-bit, sehingga semua program 16-bit dan 32-bit dapat didukung dengan baik. Oleh Microsoft, Windows ME ini diluncurkan pada tanggal 14 September 2000 dengan nomor build 3000.
http://www.swotti.com/tmp/swotti/cacheD2LUZG93CYBTZQ==/imgwindows%20me4.jpg  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjCPzSWCRYeGKqOHkClGs6PDol0f9nszdJzMVAVKcABP7xDX2QdHZ-jVq-lZ6WCYsw2FVgBxMnaQpwDog0CWcJ4fMqQBZ3yB_3m5NAaOe1ErU_azPDH1VtGonBL0FQO2AZuin2WgEU5NXU/s1600/liveme1.jpg




8. Windows XP (25 oktober 2001)
Windows XP adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama "XP" adalah kependekan dari "Experience". Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT. Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001, dan lebih dari 400 juta salinan instalasi digunakan pada Januari 2006, menurut perkiraan seorang analis IDC.Windows XP tersedia dalam berbagai macam edisi. Edisi yang paling umum dari sistem operasi Windows XPhttp://www.extremetech.com/wp-content/uploads/2014/05/winxppro-2-1.png adalah Windows XP Home Edition, yang ditargetkan untuk pengguna rumahan, dan juga Windows XP Professional, yang menawarkan fitur-fitur tambahan seperti dukungan untuk domain Windows Server dan dua prosesor fisik, dan ditargetkan di pasar power user, bisnis dan perusahaan klien. Sementara itu, Windows XP Media Center Edition memiliki fitur multimedia tambahan yang menawarkan kemampuan untuk merekam dan menonton acara TV, melihat film DVD, dan mendengarkan musik.Selama pengembangan, proyek pengembangan Windows XP ini dikenal dengan nama kode "Whistler", yang diambil dari sebuah daerah di British Columbia, karena banyak karyawan Microsoft sering melakukan ski di Whistler-Blackcomb.Windows XP SP3.pngWindows XP sebelumnya dikenal dengan kode sandi "Whistler", yang mulai dikembangkan oleh para pengembang Microsoft pada pertengahan tahun 2000-an. Bersamaan dengan proyek ini, Microsoft juga tengah menggarap proyek Windows generasi baru penerus Windows Me (Millennium Edition) yang dinamakan dengan kode sandi "Windows Neptune" yang diproyeksikan sebagai "Windows NT versi rumahan".
Setelah Windows ME dianggap kurang sukses menyaingi kesuksesan Windows 98, Microsoft pun akhirnya memutuskan untuk mengawinkan dua buah sistem operasi Windows tersebut (sistem operasi berbasis Windows NT dan sistem operasi berbasis Windows 9x) ke dalam sebuah produk. Itulah yang kita kenal sekarang dengan Windows XP.
Windows XP muncul dalam banyak jenis:
    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhHKwsO2dQQIwbWQUteouWolQD1zxp1fV3oEJwJZyw3W3AQhLyN-V80kCuB0PmUClFS-Wfyr_j1aFXJ10L7Es10UsMMgHyqaZrpKwug6c4XLUUh2XKRMj7MB82VNcSgUAB5gMD9tn_coqTx/s1600/Windows+XP+Pro+SP3+Genuine+Bootable+ISO.jpg
  • Windows XP Professional
  • Windows XP Home Edition
  • Windows XP Media Center Edition
  • Windows XP Tablet PC Edition
  • Windows XP Starter Edition
  • Windows XP Professional x64 Edition
  • Windows XP Professional 64-Bit Edition for Itanium
Windows XP Professional adalah sistem operasi Windows XP yang dibuat khusus untuk komputer desktop yang terhubung ke dalam sebuah jaringan dengan domain yang dikelola oleh Active Directory milik Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Selain itu, versi ini pun dibilang jauh lebih lengkap fiturnya dari pada Windows XP Home Edition. Ia bisa menjadi sebuah komputer server, meskipun hanya bisa menampung maksimal sepuluh client yang bisa login secara bersamaan.sasWindows XP diketahui sebagai sebuah sistem operasi yang memiliki kestabilan yang telah ditingkatkan dari pendahulunya, dan juga memiliki efisiensi yang lebih baik daripada Windows 98, Windows ME, dan Windows 2000 Professional.




9. Windows vista (30 januari 2007)

Windowsvistalogo.jpgWindows Vista adalah sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun media center.
Sebelum diumumkan dengan nama Windows Vista pada 22 Juli 2005, sistem operasi ini lebih dikenal dengan codename Longhorn (berasal dari nama Longhorn Saloon, sebuah bar terkenal di Whistler, British Columbia, Kanada).
Microsoft meluncurkan Windows Vista pada 8 November 2006 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari 2007 untuk pengguna rumahan. Dengan demikian, peluncuran Windows Vista ini berjarak lebih dari lima tahun sejak peluncuran Windows XP pada 25 Oktober 2001.
indows Vista dianggap telah memiliki fitur yang lengkap dengan peluncuran build 5308 CRT, yang dirilis

Windows Vista Ultimate Desktop.png


pada 22 Februari 2006. Pekerjaan yang menunggu para programer Microsoft hingga tanggal akan dirilisnya versi final nanti cenderung difokuskan pada stabilitas, kinerja, kompatibilitas aplikasi dan driver, serta dokumentasi.

Fitur - fitur yang baru dan diperbaharui

http://i1-news.softpedia-static.com/images/news2/Google-Desktop-vs-Windows-Vista-Desktop-4.pngWindows Vista memiliki daftar panjang untuk ratusan fitur-fitur baru, fitur-fitur yang diubahkan, dan fitur-fitur yang ditingkatkan kemampuannya. Pada saat ini daftar fitur-fitur tersebut belum dipublikasikan secara lengkap oleh Microsoft. Namun demikian, berbagai fitur yang akan dimasukkan ke dalam Windows Vista tersebut sudah mulai diperkenalkan melalui beberapa publikasi.

Fitur-Fitur End-User

  • Windows Aero: desain baru antarmuka pengguna, singkatan dari Authentic, Energetic, Reflective, and Open. Antarmuka baru ini dimaksudkan agar lebih estetis dan bersih ketimbang tantarmuka Windows sebelumnya, termasuk jendela-jendela transparan, animasi, dan tampilan yang bagus. Animasi pada Windows Aero dapat nampak pada saat aplikasi ditutup, diminimalisasikan, dimaksimalisasikan, dan juga pada tombol rekomendasi.
  • Windows Shell: Windows shell yang baru ini berbeda sekali dengan Windows XP. Sebagai contoh, Start Menu yang telah diubah, bahkan kata "Start" pun telah digantikan dengan tombol Windows "Pearl" biru yang baru.
http://www.esomali.com/vista/desktop.gifFITUR - FITUR TERBARU :


·  Fasilitas Pencarian (Quick Search):

·  Windows Sidebar:           ·  Windows Live Show :



·  Windows Firewall            · Windows Defender:

·  Windows Mail                  · Windows Update:

·  Parental Control         

·  New Fonts:  ·  Games:       



Teknologi Inti

Windows Vista dimaksudkan untuk diluncurkan sebagai produk berbasis-teknologi, sebagai sistem yang solid yang mencakup teknologi-teknologi baru tingkat tinggi. Banyak di antaranya merupakan teknologi yang berkaitan dengan bagaimana sistem berfungsi, yang bekerja di belakang layar dan tidak terlihat oleh pengguna akhir.






10. Windows 7 (22 oktober 2009)

http://news.techgenie.com/files/windows-7-logo1.jpgWindows 7 adalah versi windows terakhir yang menggunakan menu start yang menggantikan versi windows sebelumnya, Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista.
Windows 7.pngTidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista. Presentasi Microsoft tentang Windows 7 pada tahun 2008 lebih fokus pada dukungan multi-touch pada layar, desain ulang taskbar yang sekarang dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama HomeGroup, dan peningkatan performa. Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi sebelumnya dari Microsoft Windows, seperti Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak disertakan lagi di Windows 7; kebanyakan ditawarkan oleh Microsoft secara terpisah sebagai bagian dari paket Windows Live Essentials yang gratis.
http://www.sonyinsider.com/wp-content/uploads/2009/10/40_30_Windows-7-Desktop-layout.pngJumlah maksimal inti prosesor dalam satu buah komputer yang didukung oleh Windows 7 adalah 32 inti untuk 32-bit, dan 256 untuk 64-bit. Jumlah maksimal dari prosesor (secara fisik) pada sebuah komputer yang didukung oleh Windows 7 adalah: 2 untuk Professional, Enterprise, dan Ultimate; 1 untuk Starter, Home Basic, dan Home Premium.
Windows 7 memiliki 6 versi yang sama dengan Windows Vista. Hanya saja ada perbedaan nama, jika Windows Vista memiliki versi Business maka pada Windows 7 versi tersebut dinamakan Professional.
Selain itu, Windows 7 menarik banyak pembeli selama masa diskonnya. Juni 2009 lalu, Windows 7 Home Premium tersedia dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu hanya sekitar 49 USD atau sekitar 500 ribu rupiah saja. Ini tentu lebih hemat 70 USD atau sekitar 700 ribu rupiah dibandingkan harga penjualan aslinya sebesar 119 USD atau sekitar 1,2 juta rupiah. Sedangkan Windows 7 Professional dijual dengan harga 99 USD, atau sekitar 1 juta rupiah, yang merupakan setengah harga dari harga aslinya. Program diskon tersebut memang telah berlalu, namun hingga saat ini Amazon masih menawarkan Windows 7 dengan harga yang lebih murah dari harga asli pada saat peluncurannya.



11. Windows 8 (26 oktober 2012)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiS6BlOdY_ljkFdl_tlOZPAmLcdlgNezAlf2XNduvrMMeYUYcafo_I7RiRTRGg-c-aVitGsQlv_wsv_RRAS2HnyF8OP7xZTq4p1suftZeECrdu23YydwZUKuzUHH4_A5EPG53wV4gB9cqV4/s1600/windows-8-logo.pngWindows 8 adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media.[3] Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgrxfH28MF9ZjfOeZJRaSHjC_-tg5IiUac0a_y9tBfAXc31Ov8mTpDDypC02pC060AkJrv0SfBtE7nXdZ3Jt0yms5BHkyiZBpdo-uR8w15oG-ydhHgJYXwsryeQzjG3-jw3Sudyoqa4f_o/s1600/windows-8.pngMicrosoft secara resmi merilis Windows 8 pada 26 Oktober 2012 bersamaan dengan peluncuran komputer perdana yang menggunakan Windows 8.[4] Versi percobaan Windows 8 berupa Consumer Preview dan Release Preview.[5] Pada 26 Juni 2013, Microsoft merilis versi Uji Coba dari Windows 8.1 (sebelumnya dikenal sebagai Windows Blue), sebuah peningkatan untuk Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP. Pada 18 Oktober 2013, Microsoft merilis Windows 8.1 sebagai pembaruan gratis untuk Windows 8.
Pengembangan Windows 8 sudah dimulai http://fc09.deviantart.net/fs71/f/2012/204/7/b/windows_8_desktop_concept_by_myownfriend-d56lqg4.pngsebelum Windows 7 diluncurkan[6] tahun 2009. Pada akhir Januari 2011, di Consumer Electronics Show (CES), Microsoft mengumumkan bahwa Windows 8 akan mendukung mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 dari Intel, AMD dan VIATechnologies.[7][8] Tanggal 1 Juni 2011, Microsoft secara resmi meluncurkan antarmuka pengguna baru Windows 8 dan fitur-fitur tambahan lain di Taipei Computex 2011 di Taipei (Taiwan)
    http://www.extremetech.com/wp-content/uploads/2012/08/windows-8-desktop-interface-color-changfe.jpg
  • Desain aplikasi Windows 8 UI, yang bisa dibuat dari bahasa pemograman apa saja, seperti : HTML/CSS, JavaScript, C, C++, C#, dll.
  • Hilangnya tombol Mulai (digantikan oleh Layar Mulai dan Charms).
  • Kompatibel dengan arsitektur Intel, AMD, dan ARM (khususnya tablet).
  • Kompatibel dengan perangkat berspesifikasi rendah seperti Tablet, Laptop, Netbook, bahkan Smartphone
  • Portabel di USB (Windows To Go).
  • Windows Explorer menggunakan ribbon http://www.megaleecher.net/uploads/rainmeter-windows-8-desktop.jpgseperti Office 2010 & 2007, juga berganti nama menjadi 'File Explorer.
  • Hybrid Boot, fitur untuk mempercepat waktu start-up dengan menyimpan memori inti Windows ke dalam hard disk dan me-load-nya tiap booting.
  • Fitur pengembalian (recovery) baru, Refresh dan Reset. Refresh akan mengembalikan semua file Windows ke kondisi awal tanpa mengubah pengaturan, berkas, atau aplikasi Windows 8 UI. Reset akan mengembalikan komputer ke kondisi standar pabrikan.
  • Rancangan baru dari Windows Task Manager.
  • Proses aktivasi yang mudah.
  • Diperkenalkannya Layar Kunci (Lock Screen).
  • Bursa Windows, sebagai tempat membeli atau menginstal aplikasi Windows 8 UI.
  • Aplikasi Media Penyimpanan Awan baru yang disebut Skydrive.
  • Antivirus yang sudah terintegrasi dengan Windows Defender.
  • Pilihan Jenis Log-In yang beragam, yaitu sandi akun Microsoft/lokal, Sandi gambar, dan PIN.

Fitur -  Fitur Terbaru Windows 8
http://www.ecanion.com/wp-content/uploads/2012/11/Windows-8-Desktop.jpg
  • PC Settings, merangkum pengaturan-pengaturan Control Panel (berbasis Modern UI).
  • Windows PowerShell v4.0: sejumlah perintah baru untuk mengelola Start Screen, Windows Defender, dll.
  • Bursa Windows 2.0: Tampilan Baru dan lebih fleksibel, memperbarui aplikasi secara otomatis.
  • Boot ke desktop: Windows 8.1 bisa booting langsung ke desktop tanpa harus ke Layar Mulai.
  • Latar Layar Mulai: Warna dan Pola latar belakang di Layar Mulai Windows 8 bisa diatur sesuka hati, bahkan bisa disamakan dengan desktop.
  • Bing Smart Search: Di Windows 8, kita hanya bisa mencari aplikasi, pengaturan, dan files. Di Windows 8.1, selain mencari aplikasi, pengaturan, dan files, kita juga bisa mencari orang-orang terkenal, artis, kota, atau apa saja; karena pencarian Windows 8.1 sudah terintegrasi dengan internet lewat Bing.http://www.dvhardware.net/news/2012/windows_8_pro_package.jpg
  • Multitugas fleksibel: Di Windows 8, kita hanya bisa menjalankan 2 aplikasi secara bersamaan. Di Windows 8.1, kita bisa menjalankan 3 atau 4 aplikasi secara bersamaan, tergantung ukuran layar.
  • Layar Mulai fleksibel: Kustomisasi lebih fleksibel, menggrup, ,menempel, melepas, dan mengubah ukuran ubin aplikasi menjadi lebih mudah.
  • Tampilan Baru File Explorer: Pustaka (Library) disembunyikan secara default (namun menjadi satu dibawah This PC) dan Computer berubah nama menjadi This PC.
Microsoft menawarkan Windows 8 Pro upgrade dengan harga diskon dari US $ 39,99 online, atau $ 69,99 untuk kotak ritel DVD dari peluncurannya sampai dengan 31 Januari 2013; setelah Windows 8 harga telah $ 119,99 dan harga Pro $ 199,99 . yang mana Microsoft mengatakan akan menawarkan lebih banyak kemudahan bagi konsumen . Harga untuk ini salinan baru tetap sama .

http://www.windows7tips.org/wp-content/uploads/2011/09/windows-version-chart-e1316834921611.jpg

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Referensi Artikel : 
Editor : Adhan J.K

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More